Pengaruh Membaca Buku Terhadap Kualitas Berfikir Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

BAB I
PENDAHULUAN
       A.    LATAR BELAKANG
Lingkungan kos sekeliling kampus, mayoritas dihuni oleh mahasiswa dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Mereka cenderung kurang mau membaca buku dan kurangnya keinginan yang kuat dalam membaca buku. Selain itu di lingkungan perkuliahan juga mengalami fenomena yang hampir sama, yaitu mereka kurang mau membaca buku dan lebih memilih mengambil referensi makalah dari Internet. Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya sendiri juga terlihat sepi, dimana banyak bangku yang kosong di dalamnya.
Dampak dari perkembangan mahasiswa dalam perkuliahan begitu pesat ketika sebelum mata kuliah diajarkan mereka sudah membaca buku, jadi saat diterangkan oleh dosen mereka enderung aktif dalam mengikuti perkuliahan.
Mahasiswa yang memiliki banyak literatur serta sering membaca buku, lebih mampu memberi argument yang sistematis, dinamis dan komprehensif serta mampu mengolah kata dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.
Akhir-akhir ini minat para mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mengikuti lomba karya tulis sangat sedikit. Kurangnya membaca buku menjadikan pengetahuan tidak begitu luas.
B.     PERMASALAHAN PENELITIAN
1.      Apakah ada pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya?
2.      Sejauh mana pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya?
C.     TUJUAN PENELITIAN
1.      Meningkatkan minat belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
2.      Mengenali manfaat dan hasil yang diperoleh dalam membaca buku.
3.      Mengubah pola pikir (mindset) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.

D.    MANFAAT PENELITIAN
1.      Mengetahui minat belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
2.      Mengetahui keuntungan yang diperoleh dalam membaca buku.
3.      Mengetahui pola pikir (mindset) mhasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
E.     KONSEPTUALISASI ATAU DEFINISI OPERASIONAL
Usaha untuk mencari ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas dan tingkat daya nalar berfikir kritis setiap mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
F.      VARIABEL
Variabel X       : Membaca Buku
Indikator         :
1.      Frekuensi membaca buku
2.      Literatur buku yang dimiliki
3.      Peminjaman buku oleh teman
4.      Durasi waktu kejenuhan otak
5.      Metode dalam membaca buku (skimming, scanning dkk)
Variabel Y       : Kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya
Indikator         :
1.      Aktif dalam mengikuti perkuliahan
2.      Kritis
3.      Kecepatan dalam penangkapan materi perkuliahan
4.      Wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas
5.      Unggul dalam akademik
G.    HIPOTESIS
Ho       : Tidak ada pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN
              Sunan Ampel Surabaya.
Ha       : Ada pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan
  Ampel Surabaya.
H.    METODE PENELITIAN
1)      Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang lebih menekankan pada ukuran, bentuk real (nyata) dari data tersebut, baik bukti kongkrit dari sampel, populasi dan dapat dibuktikan dengan metode ilmiah. Hal-hal yang penting harus dilakukan dalam penelitian kuantitatif. Kevalidan data, populasi dan angket. Jenis rumus yang dipakai, pemasukan angka serta penghitungannya.
2)      Penentuan populasi dan sampel.
Meneliti mahasiswa mahasiswa 3/F2 ilmu komunikasi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya. Memilih jenis populasi karena mudah di dapat hasilnya (Teknik Sampling), selain itu pengkondisian, penyebaran serta lebih intent dalam pendistribusian angketnya. Meratanya angket, agar data yang diperlukan terpenuhi secara maksimal dan untuk kekeliruan sendiri bis ditekan seminimal mungkin.
3)      Teknik Pengumpulan Data
a.       Siapkan foto copy angket yang akan disebarkan.
b.      Teliti kembali angketnya (Jumlah 30 Lembar).
c.        Sebarkan angket ke tiga puluh orang yang sudah ditentukan yaitu 3/F2 (populasi satu kelas) ilmu komunikasi.
d.      Berikan informasi, bahwasanya identitas diri, syarat yang lain seperti nama, kelas, jurusan, asal, wajib diisi sebagai bahan penelitian kuantitatif.
e.       Tunggu sampai angket telah diisi dan di jawab semua pertanyaan di dalamnya.
f.       Setelah selesai, tarik angket atau untuk yang sudah selesai mengisi langsung dikumpulkan pada pemberi angket.
g.      Setelah itu, koreksi dan teliti lagi angket yang telah terkumpul, baik berupa identitas diri ataupun soal-soal yang ada di dalamnya,
h.      Apabila masih ada yang kurang lengkap, segera cari orang yang mengisi angket tersebut, kan ada namanya, jadi dicari dulu, lalu disuruh untuk melengkapi (populasi satu kelas, jadi untuk pengkondisian angket lebih terarah).
i.        Setelah semua terpenuhi antara isi angket dan kesesuaian bahan-bahan dan data yang diperlukan, maka lakukan penelitian-penelitian selanjutnya.














BAB II
KAJIAN TEORITIS
PENGARUH MEMBACA BUKU TERHADAP KUALITAS BERPIKIR MAHASISWA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
A.    Variabel x: Membaca Buku
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis.[1]
Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar.[2]
Membaca buku adalah suatu usaha untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis di dalam kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar.

B.     Variable Y: Kualitas Berpikir Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya
Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu.[3]
Berpikir adalah berkembangnya ide dan konsep di dalam diri seseorang.[4]
Kualitas berpikir adalah tingkat baik buruknya kerja otak dalam pengembangan atau peningkatan suatu  ide dan konsep di dalam diri seseorang.

C.     Hubungan antara variable X dan Y: Pengaruh Membaca Buku terhadap Kualitas Berpikir Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya
Kemajuan UIN Sunan Ampel khusunya tergantung pada seberapa besar minat atau kegemaran dalam membaca buku mahasiswanya. Baik secara langsung maupun tidak langsung, kebiasaan membaca menjadi salah satu indikator paling penting untuk menilai dan menentukan tinggi rendahnya Human Development Index (HDI) dan kualitas sebuah kampus yaitu UIN Sunan Ampel Surabaya. Informasi yang diperoleh dari buku merupakan suatu bentuk peningkatan pengetahuan yang dilakukan oleh kerja otak. Adanya penambahan informasi secara continue dari membaca buku sama halnya dengan pengasahan otak menjadi lebih produktif dan menjadikan diri seseorang bisa lebih berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah sosial.
















BAB III
ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF
1.      Apakah anda cepat faham saat membaca buku?
a.       Ya (30%)               b. Sedang (63,33%)                c. Tidak (6,67%)
2.      Apakah model belajar yang sesuai dengan anda?
a.       Visual (70%)         b. Auditorial (23,33%)            c. Kinestetik (6,67%)
3.      Apakah saat waktu senggang anda membaca buku?
a.       Ya (33,33%)          b. Jarang (50%)                       c. Tidak (16,67%)
4.      Apakah anda sudah memaksimalkan waktu saat membaca buku?
a.       Ya (13,33%)         b. Kadang (63,33%)                c. Tidak (23,33%)
5.      Apakah suasana hati (mood) mempengaruhi dalam memahami suatu buku?
a.       Ya (93,33%)         b. Sedang (3,33%)                  c. Tidak (3,33%)
6.      Berapakah frekuensi belajar anda per hari?
a.       1 jam (46,67%)      b. 2 jam (36,67%)                    c. > 3 jam (16,67%)
7.      Apakah anda mampu memilih kata yang bermakna saat membaca dengan teknik skimming (membaca cepat serta memahami maksudnya)?
a.       Ya (26,67%)         b. Jarang (46,67%)                  c. Tidak (26,67%)
8.      Apakah anda memiliki tulisan catatan sendiri?
a.       Ya (33,33%)         b. Jarang (43,33%)                  c. Tidak (23,33%)
9.      Apakah teman anda pernah meminjam buku saat anda membacanya?
a.       Ya (60%)              b. Kadang (26,67%)                c. Tidak (13,33%)
10.  Apakah peminjaman buku oleh orang lain mempengaruhi belajar anda?
a.       Ya (43,33%)         b. Kadang (30%)                     c. Tidak (26,67%)
11.  Apakah anda sering bertanya saat diskusi dalam kelas?
a.       Ya (26,67%)         b. Kadang (73,33%)                c. Tidak (0%)
12.  Apakah anda suka menjawab saat diskusi dalam kelas?
a.       Ya (26,67%)         b. Kadang (70%)                     c. Tidak (3,33%)
13.  Apakah anda berpikir kritis dalam menghadapi suatu persoalan saat diskusi?
a.       Ya (43,33%)          b. Kadang (43,33%)                c. Tidak (13,33%)
14.  Apakah anda selalu siap dengan materi yang anda presentasikan saat diskusi kelompok?
a.       Ya (30%)              b. Kadang (60%)                     c. Tidak (10%)
15.  Apakah jabatan yang pernah anda tempati saat mengikuti organisasi?
a.       Ketua (10%)          b. Sekretaris (20%)                  c. Anggota (70%)
16.  Apakah anda aktif dalam organisasi kampus?
a.       Ya (16,67%)          b. Jarang (43,33%)                  c. Tidak (40%)
17.  Apakah nilai tugas anda semakin meningkat?
a.       Ya (20%)              b. Sedang (80%)                     c. Tidak (0%)
18.  Apakah anda juga unggul dalam kegiatan non-akademik?
a.       Ya (10%)               b. Sedang (66,67%)                c. Tidak (23,33%)
19.  Apakah anda selalu mempunyai inovasi dalam menjawab pertanyaan?
a.       Ya (23,33%)         b. Jarang (70%)                       c. Tidak (6,67%)
20.  Apakah anda mampu melakukan inovasi dalam materi perkuliahan?
a.       Ya (30%)               b. Jarang (60%)                       c. Tidak (10%)

Analisis Statistik Deskriptif merupakan teknik yang digunakan untuk mencarikan data dan menampilkan data dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh setiap orang. Analisis ukuran penyebaran data statistik deskriptif adalah sattistik yang berfungsi mendeskripsikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui sample atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.
Judul penelitian yang saya ambil adalah pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Model belajar mahasiswa yang sering digunakan yaitu visul dengan koresponden 70%. Suasana hati (mood) juga begitu mempengaruhi dalam memahami suatu buku dengan koesponden 93,33%. Mayoritas setiap mahasiswa hanya mampu membaca buku dengan durasi satu jam dengan koresponden 46,67%. Pengaruh peminjaman buku oleh teman dengan koresponden 60% juga mempengaruhi belajar setiap mahasiswa.
Keaktifan diskusi dalam bertanya dalam kelas dengan koresponden 73,33% hanya dilakukan kadang-kadang. Setiap mahasiswa juga kurang begitu siap dalam materi yang akan dipresentasikan dengan koresponden 60%. Ketika terjun dalam dunia organisasi dengan koresponden 70% setiap mahasiswa hanya menjadi anggota. Keaktifan dalam organisasi pun juga jarang dilakukan dengan koresponden 43,33%, tetapi nilai tugas dalam perkuliahan semakin meningkat dengan koresponden 80%.
Pengaruh Membaca Buku terhadap Kualitas Berpikir Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya
1.      Judul         : Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa
  UIN Sunan  Ampel Surabaya.
2.      Tujuan       : Ingin mengetahui apakah ada pengaruh membaca buku terhadap
  kualitas berfikir pada  mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
3.      Hipotesis   :
·         Ha → Ada pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
·         H0 → Tidak ada pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
4.      Rumus yang digunakan :
                =
                        =
                        =
                        =
                        =
                        =
                        = 0,5460
5.      Tabel Kerja
No. Responden
X
Y
XY
X2
Y2
1
22
20
440
484
400
2
24
22
528
576
484
3
24
20
480
576
400
4
24
19
456
576
361
5
25
19
475
625
361
6
16
18
288
256
324
7
26
22
572
676
484
8
29
21
609
841
441
9
19
17
323
361
289
10
18
23
414
324
529
11
25
19
475
625
361
12
29
25
725
841
625
13
24
19
456
576
361
14
27
23
621
729
529
15
23
17
391
529
289
16
23
21
483
529
441
17
22
20
440
484
400
18
17
22
374
289
484
19
24
21
504
576
441
20
24
30
720
576
900
21
16
20
320
256
400
22
23
23
529
529
529
23
29
25
725
841
625
24
26
20
520
676
400
25
20
18
360
400
324
26
17
17
289
289
289
27
24
20
480
576
400
28
22
18
396
484
324
29
23
21
483
529
441
30
22
20
440
484
400
ΣX= 687
ΣY= 620
ΣXY= 14316
ΣX2= 16113
ΣY2= 13036

6.      Uji Signifikansi
df        = N - ɣ                         ɣVxy0 : ɣVxyt = 0,5460 : 0,361
            = 30 – 2                       ɣVxy0 > ɣVxyt                       
            = 28                            
Ha = diterima
H0 = ditolak
Kesimpulan     : Membaca buku berpengaruh terhadap kualitas berfikir pada
   mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, secara signifikan.





Kuadrat (Chi Square) atau Pengaruh Perbedaan antara Laki-Laki dan Perempuan
1.      Judul         : Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa
  UIN Sunan Ampel Surabaya.
2.       Tujuan      : Ingin mengetahui apakah ada pengaruh membaca buku terhadap
  kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, apakah 
  ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
3.      Hipotesis   :
  • H0 ® Tidak ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara laki-laki dan perempuan.
  • Ha ® Ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara laki-laki dan perempuan.
4.      Rumus
λ2 =                                                            
     
        =                                                        
        =                                           
        =                                           
    
          =                                 
   
           =
           =                          
           =  2,5159

5.      Tabel Persiapan
A = C = +
B = ♂-  D = ♀-
No. Responden
X
Y
X+Y
Status
Kategori
+
1
22
20
42
B
2
24
22
46
A
3
24
20
44
A
4
24
19
43
B
5
25
19
44
C
6
16
18
34
B
7
26
22
48
C
8
29
21
50
A
9
19
17
36
B
10
18
23
41
B
11
25
19
44
C
12
29
25
54
A
13
24
19
43
D
14
27
23
50
C
15
23
17
40
D
16
23
21
44
A
17
22
20
42
C
18
17
22
39
B
19
24
21
45
C
20
24
30
54
A
21
16
20
36
B
22
23
23
46
C
23
29
25
54
C
24
26
20
46
C
25
20
18
38
D
26
17
17
34
B
27
24
20
44
A
28
22
18
40
B
29
23
21
44
A
30
22
20
42
D

687
620
1307
A = 8
B = 9
C =9
D = 4
6.      Tabel Kerja
Kondisi
Y
jenis responden
A = 8
B = 9
17
C = 9
D = 4
13
17
13
30 

7.      Uji Signifikansi
λt2 =  3,845
λ2 : λt2 = 2,5159 : 3,845
λ2 >λt2
Ha = ditolak
H0 = diterima
8.      Kesimpulan           : Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan secara signifikan.


Pengaruh Perbedaan antara Kelompok A dan B
  1. Judul   : Membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara kelompok A dan B.
  2. Tujuan : Ingin mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh jika sampel dibedakan dalam dua kelompok A dan B.
  3. Hipotesis
H0 ® Tidak ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara kelompok A dan B.
Ha ® Ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara kelompok A dan B.
  1. Rumus yang digunakan
To =  ,



      = 43,07

      = 43,21

        
       = 4,463571


 
          6,57
                                   
                                                   
               1,82


            = 1,238
Diketahui        :
Mx = 43,07
My = 43,21
SEMx – SEMy = 2,2
Jawab  :
      
       
       
Desain Sampel
X
Y
8
8
6
6


  1. Tabel Kerja
No. Responden Berpasangan
X
Y
c=X-Mx
Y=Y-My
c2
Y2
2-12
46
54
2.93
10.79
8.5849
116.4241
10-28
41
40
-2.07
-3.21
4.2849
10.3041
9-27
36
44
-7.07
0.79
49.9849
0.6241
8-26
50
34
6.93
-9.21
48.0249
84.8241
6-21
34
36
-9.07
-7.21
82.2649
51.9841
4-29
43
44
-0.07
0.79
0.0049
0.6241
3-18
44
39
0.93
-4.21
0.8649
17.7241
1-16
42
44
-1.07
0.79
1.1449
0.6241
17-19
42
54
-1.07
10.79
1.1449
116.4241
15-30
40
42
-3.07
-1.21
9.4249
1.4641
14-25
50
38
6.93
-5.21
48.0249
27.1441
13-24
43
46
-0.07
2.79
0.0049
7.7841
11-22
44
36
0.93
-7.21
0.8649
51.9841
7-23
48
54
4.93
10.79
24.3049
116.4241
X=603
Y=605
c2=278.9286
Y2=604.3574

v  Kesimpulan     : Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tidak ada perbedaan antara kelompok A dan B secara signifikan.








Pengaruh Perbedaan antara Alumni SMA, SMK dan MA
  1. Judul   : Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
  2. Tujuan : Ingin mengetahui perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara alumni SMA, SMK dan MA.
  3. Hipotesis :
H0 ® Tidak ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara alumni SMA, SMK dan MA.
Ha ® Ada perbedaan pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya antara alumni SMA, SMK dan MA.

  1. Rumus :
    =
    0,224549





  1. Tabel Kerja
Alumni SMA
Alumni SMK
Alumni MA
Total
39
40
50
44
36
43
44
48
46
40
38
34
44
44
44
45
46
46
54
44
54
41
42
50
43
54
34
42
36
42
T1 = 436
T2 = 470
T3 = 401
1307
N1 = 10
N2 = 11
N3 = 9

         = 3 – 1
        = 2
         = 30 – 1
       = 29
         = 29 – 2
        = 27
       
       
         = 56941,633
= (1521+1936+1936+1600+1936+2025+2916+1681+1849+1764 
+1600+1296+2304 +1444+1936+2116+1936+1764+2916+1296
+1936+2500 +1849+2116 +1156 +1936+2116+2916+2500 +1156)
            56941,633
         = 57953 – 56941,633
         = 1011,367   
        
        
          = (19009,6 + 20081,81 + 17866,77) – 56941,633
         = 56958,18 – 56941,633
         = 16,547
SSE     = SST – SSP
            = 1011,367 – 16,547
            = 994,82
MSP    =              
=
= 8,2735
MSE    =
           
            =
            = 36,845
  1. Uji Signifikansi
Untuk mencari F tabel dicari dulu F1 dan F2 dalam tabel distribusi F.

Ft = 3,35
 
F1 adalah Df dari Ms terbesar, yaitu 27
F2 adalah Df dari Ms terkecil, yaitu 2
            F0 : Ft = 0,224549 : 3,35
            F0 < Ft
                H0 ® diterima
            Ha ® ditolak
  1. Kesimpulan
Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berfikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tidak ada perbedaan antara alumni SMA, SMK dan MA secara signifikan




Regresi
  1.  
           = 14316 -                      

           = 14316 -

           = 14316 – 14198
         = 118
2.     
         = 16113
       
          = 16113
          = 16113 15732,3
           = 380,7
3.     
         = 12936

         = 12936
          = 12936 12813,33
          = 122,67


4.      ɑ1 =

     =              
     = 0,309

5.     
  
     =

     = 0,296
     = 29,6 %
Jadi, sumbangan Variabel X terhadap Variabel Y adalah 29,6 %.
v Kesimpulan    : Membaca buku berpengaruh terhadap kualitas berfikir pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya tetapi tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, tidak ada perbedaan antara kelompok A dan B, juga tidak ada perbedaan antara alumni SMA, SMK dan MA secara signifikan.







BAB IV
KESIMPULAN
            Pengaruh membaca buku terhadap kualitas berpikir mahasisiwa UIN Sunan Ampel Surabaya. Membaca buku serta memiliki beberapa referensi sebelum perkuliahan diajarkan sangat mempengaruhi kualitas berpikir mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya di dalam perkuliahan. Minimnya budaya membaca di UIN Sunan Ampel Surabaya menjadikan kurang berkembang dan majunya diri tiap individu tersebut. Penurunan kualitas diri karena belum bisa mengolah ide-ide maupun konsep yang ada di dalam diri tiap mahasiswa.
Model belajar mahasiswa yang sering digunakan yaitu visul dengan koresponden 70%. Suasana hati (mood) juga begitu mempengaruhi dalam memahami suatu buku dengan koesponden 93,33%. Mayoritas setiap mahasiswa hanya mampu membaca buku dengan durasi satu jam dengan koresponden 46,67%. Pengaruh peminjaman buku oleh teman dengan koresponden 60% juga mempengaruhi belajar setiap mahasiswa.
Keaktifan diskusi dalam bertanya dalam kelas dengan koresponden 73,33% hanya dilakukan kadang-kadang. Setiap mahasiswa juga kurang begitu siap dalam materi yang akan dipresentasikan dengan koresponden 60%. Ketika terjun dalam dunia organisasi dengan koresponden 70% setiap mahasiswa hanya menjadi anggota. Keaktifan dalam organisasi pun juga jarang dilakukan dengan koresponden 43,33%, tetapi nilai tugas dalam perkuliahan semakin meningkat dengan koresponden 80%.
Membaca buku begitu mempengaruhi kualitas berpikir mahasiswa. Dimana dengan adanya banyak referensi yang diperolehnya maka mahasiswa mampu untuk mengolah suatu konsep yang ada pada dirinya serta mampu menjadi bahan dalam pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan UIN Sunan Ampel khusunya tergantung pada seberapa besar minat atau kegemaran dalam membaca buku mahasiswanya. Baik secara langsung maupun tidak langsung, kebiasaan membaca menjadi salah satu indikator paling penting untuk menilai dan menentukan tinggi rendahnya Human Development Index (HDI) dan kualitas sebuah kampus yaitu UIN Sunan Ampel Surabaya. Informasi yang diperoleh dari buku merupakan suatu bentuk peningkatan pengetahuan yang dilakukan oleh kerja otak. Adanya penambahan informasi secara continue dari membaca buku sama halnya dengan pengasahan otak menjadi lebih produktif dan menjadikan diri seseorang bisa lebih berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah sosial.




               






[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Membaca
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Buku
[3] Kamus Besar Bahasa Indonesia
[4] (Bochenski, dalam Suriasumantri (ed), 1983:52)

0 komentar:

Posting Komentar